By | April 28, 2019

Tionghoa Dalam Pusaran Politik adalah sejarah tentang politisasi kepentingan untuk melanggengkan elite kekuasaan. Proses dalam pemcatatan sejarah bangsa ini tidak bisa lepas dari vested Of Interest para pemegang kekuasaan. Padahal, sejarah seharusnya menjadi sebuah catatan masa lampau yang dapat dibuat menjadi referensi berharga. Sistem dalam politik yang diterapkan Soeharto pada tahun 1921-2018 pada orde baru, sistem politik yang dijalankan itu sekaligus membawa dampak besar positif dan negatif.

Tionghoa Dalam Pusaran Politik

Dimana pada orde baru, membawa dampak yang tidak kecil terhadap warganya. Terutama pada etnis Tionghoa, namin negara sebesar Indonesia ini. Tidak pernah didominasi sepenuhnya oleh seseorang, betapa otoriternya sistem politik itu. Mayoritas yang terbesar orangĀ  Indonesia yang hidup sekarang adalah. Keturunan kaum migran Austronesia, yang berada di pulau nusantara. Yang mulai berpindah ke selatabn dari daerah yang sekarang disebut Taiwan sekitar 5.500 tahun yang lalu. Dimana pada salah satu dari 200 lebih kelompok itu adalah suku Tionghoa. Dan suku Tionghoa ini mulai mengeliat sejak kaisar cina mengirim ekspedisi.

Dimana tujuan kaisar cina menlakukan ekspedisi ini adalah. Untuk berusaha mengukuhkan hegemoninya di nusantara yang pada zaman itu berakhir setelah 1433. Namun pedagang Tionghoa memiliki sejarah panjang dan tetap eksis di kepulauan Nusantara sampai saat ini. Bersama dengan pedagang yang berasal dari daratan India, Asia tenggra, Asia Barat, Asia Timur, dan Asia Tengah. Peranan etnis Tionghoa di Nusantara memiliki akar dari sejarah yang panjang lebih dari 500 tahun. Tionghoa Dalam Pusaran Politik

Etnis Tionghoa dan Ekonomi

Etnis Tionghoa di negara Indonesia ini. Digambarkan dalam sejarah panjang bangsa Indonesia, namun terlalu banyak fakta sejarah Indonesia. Khususnya sejarah dimana tentang minoritas etnis Tionghoa yang banyak disembuyikan, salah satunya adalah tentang kekuasaan rezim Orde Baru yang menggiring orang dari etnis Tionghoa untuk dinamai sebagai binatang ekonomi.

Pasa masa itu, catatan sejarah cenderung terjebk dalam rezim orde baru. Yang melihat warga tionghoa sebagai masalah cina. Sebuah masalah tionghoa dalam pusaran politik, yang pada awalnya diciptakan oleh pemerintah kolonial Belanda. Ketika menghadapi gerakan nasionalisme Tionghoa di tanah jajahan.

Etnis Tionghoa Dalam Pusaran Politik, lebih sukar dimengerti sejaka permulaan sejarahnya di Indonesia. Hinga sekaran mungkin karena sejarah itu belum diteliti secara mendalam dengan pendekatan yang realistis dan bebas dari prasangka, pro dan kontra. Dimana Tionghoa dalam berpolitik sudah berhasil merekonstruksi nasib dari Etnis Tionghoa dalam berbagai arus perubahan politik nasional.

Baca Juga : Pengusaha Tionghoa Dukung Prabowo