By | Mei 19, 2019
Hewan Keberuntungan Etnis Tionghoa

Hewan Keberuntungan Etnis Tionghoa – Masyarakat Tiongkok pada jaman dahulu, konon beranggapan hewan Naga, Qillin, Fenghuang dan kura-kura merupakan hewan yang memiliki sifat Dewa. Maka dari itu tidak jarang hewan tersebut disebut sebagai simbol keberuntungan.

Hewan Keberuntungan Etnis Tionghoa

  • Naga – merupakan hewan yang paling agung di Tiongkok. Adalah lambang keberuntungan paling agung, Dimana hewan yang satu ini sangatlah suci. Orang yang sangat akrab dengan citra naga, namun diamana orang tersebut tidak pernah bertemu dengan Naga. Dalam mitos kepercayaan Tiongkok divisualisasikan dengan memiliki kepala kuda dan bertanduk rusa, tidak hanya itu kakinya menyerupai burung rajawali. Sementara itu badanya yang berbentuk ular yang sangat panjang, ekor yang mirip singa, dan tubuh naga yang dipenuhi oleh sisik zirah berwarna emas.
  • Qilin – Digambarkan berbentuk tubuh Rusa, dimana tubuhnya juga diselubungi oleh Zirah. Kepalanya yang memiliki tanduk panjang, dan di sela-sela tanduk tersebut memiliki gumpalana daging. Tidak hanya itu saja, terlihat juga kakiknya yang terlihat seperti kuda. Dimana Qilin ini seringkali digambarkan dengan pola api yang menutupi seluruh tubuhnya, dengan bentuk ini Qilin dilambangkan Hewan Keberuntungan Etnis Tionghoa.
  • Burung Hong – memiliki jambul yang sangat Indah dan memiliki tubuh yang berwarna-warni. Tentunya burung yang satu ini merupakan ganbungan dari berbagai karakteristik burung. Dimana burung yang jantan disebut Feng, sementara yang betina disebut Huang. Fenghuang di dalam legenda Tiongkok Dianggap sebagai raja para burung.
  • Kura-Kura – Didalam Hewan Keberuntungan Etnis Tionghoa ini merupakan satu-satunya hewan yang benar ada. Dimana hewan yang satu ini adalah, binatang yang memiliki umur yang paling panjang. Dan dalam catatan penelitian, hewan kura-kura mampu bertahan hidup selama 150 tahun. Tentunya ini adalah umur paling terpanjang diantara segala hewan lain di dalam bumi.

Etnis Tionghoa sendiri tidak hanya menganggap kura-kura sebagai lambang kesehatan dan memiliki umur panjang. Namun hewan yang satu ini, dianggap memiliki kemampuan meramal masa depan. Pada jaman kuno tiongkok, sebelum menyelenggarakan sebuah acara, para peramal di wajibkan untuk membakar tempurung kura-kura, berdasarkan pola di atas tempurung yang dimiliki oleh kura-kura, itu memiliki tafsiran peramalan. Dengan begitu kura-kura termasuk Hewan Keberuntungan Etnis Tionghoa.

Baca Juga : Neraka Menurut Kepercayaan Tionghoa