Mitologi Yunani: Dewa Matahari Apollo

Enam Dewa – Apollo. Apa yang ada di benak kamu ketika kamu mendengar nama tersebut? Yunani? Atau malah Romawi? Dua-duanya benar sih. Tapi, menurut kepercayaan Yunani, Apollo adalah dewa matahari, cahaya, musik, dan juga nubuat. Menurut kepercayaan, doi juga merupakan salah satu dewa paling kompleks dan penting.

Ia merupakan dewa dari banyak hal. Ini termasuk seni, nubuat, memanah, wabah, obat-obatan, matahari, cahaya, dan pengetahuan. Apollo adalah putra dari dewa Zeus dan Titan Leto. Ia lahir di Pulau Delos Yunani, bersama dengan saudara kembarnya yang bernama Artemis, yang merupakan dewi perburuan.

Dewa ini memiliki penampilan berjanggut, atletis, dan ia masih muda lho! Doi juga dewa oracle sebagai pelindung Delphi. Nah, doi juga bisa prediksi kayak ngeramal melalui Delphic Oracle Pythia.

Baik obat maupun penyembuhan dikaitkan dengan Apollo. Kadang-kadang dianggap dimediasi melalui putranya, Asclepius. Namun, doi juga bisa membawa kesehatan yang buruk dan wabah mematikan.

Apollo juga dikaitkan dengan penguasaan atas penjajah, dan sebagai pembela kawanan ternak dan domba. Dia adalah pemimpin Muses (juga dikenal sebagai Apollon Musegetes) dan direktur paduan suara mereka. Intinya, doi disini jadi dewa pelindung musik dan puisi.

Dewa Hermes menciptakan kecapi utnuk Apollo. Instrumen ini menjadi atribut yang terus dikaitkan dengannya. Ketika himne dinyanyikan untuk dewa matahari ini, himne tersebut disebut paeans.

Di pesta yang diadakan di Olympus, Apollo menemani Muses di citharanya, sementara para dewi memimpin tarian. Zeus dan Leto sangat bangga akan putera mereka yang ini.

Mereka menganggap bahwa ia merupakan salah satu dewa yang paling bersinar.

Dalam mitologi Yunani, Apollo dianggap sebagai dewa matahari atau dewa cahaya. Sedangkan dalam mitologi Romawi, ia dianggap sebagai dewa penyembuhan dan ramalan.

Baca Juga: Amerika Tergeser Oleh Afrika, Tapi Hal Apa?

Apollo ini sebenarnya merupakan perantara antara para dewa dan manusia. Karena kejujuran dan integritasnya, ia diberikan karunia nubuat.

Oh ya, Dewa Matahari ini ada hubungannya dengan perang Troya lho! Kamu tahu kan kuda Troya? Yang rebutin Helen itu. Jadi, katanya sih doi memainkan peran utama dalam Perang Troya. Doi nih bikin perkemahan Yunani terinfeksi dengan wabah. Doi juga ternyata yang ngebantu Paris membunuh Achilles. Pantesan aja Paris bisa bunuh Achilles, padahal Achilles bisa dibilang petarung terkuat pada saat itu. Ternyata di bantu Dewa toh… kalau nggak dibantu, udah jadi ayam penyet kali ya?